Search this blog


Home About Contact
2009-05-27

Masak tuh susah juga yaa... ;P  


"Masaknya sejam, makannya cuma lima menit". Hahahaha... mendadak jadi inget ungkapan itu. Seminggu terakhir ini aq lagi belajar berhemat sekaligus belajar jadi ibu rumah tangga, apalagi kalo bukan masak.

Beberapa hari yang lalu kompor gas di kosan udah diganti yang baru, coz kompor lama gak tau kenapa apinya gak ngarah ke atas tapi malah ngarah ke bawah, mungkin faktor merek kali ya... Anak kost jadi gak berani nyentuh tuh kompor, takut kenapa-napa, bisa-bisa terjadi kebakaran hutan, eh kosan ding...hehehe.


Sejak ada kompor baru itulah, aq mulai bereksperimen... awalnya sih, cuma mau belanja sayuran tahan lama buat campuran masak indomie, tapi lama-lama jadi pengen masak yang aneh2, kayak waktu piket sarapan di kosan dulu.
Suatu hari aq ke pasar. Aq belanja kol+wortel Rp2.000 ditambah bawah merah+bawang putih+tomat 2 biji Rp2.000, cabe campur Rp2.000, tempe Rp2.000, tauge Rp1.000, ada sisa gopek dari beli nasi uduk, akhirnya beli daun bawang+seledri. Nah, udah beli langsung aja masukin kulkas buat persediaan satu bulan ke depan (hohohoho).



Nah, sekarang cerita mengenai hasil masakanku hari ini. Waktu pulang kuliah, aq lewat toko kelontong di pertigaan jalan pasar. Mendadak inget beli bumbu masak soalnya kemaren masak sayur tauge rasanya garam doang, makanya biar next taim kalo mo masak ada "rasa"-nya beli penyedap rasa ah yang rasa kaldu ayam... Eh, di tokonya liat ada bihun mentah bungkusan, jadi tergoda pengen bikin bihun goreng mengingat wortel dan kol di rumah masih lumayan banyak.


Langsung deh, habis maghrib, waktu temen2 kosan ngajak makan, aq malah baru masak. Bahan-bahannya seadanya; wortel, kol, bawang merah, bawang putih, cabe, merica, garam, daun bawang, pluz seledri dikiiit. Mulai deh sibuk sendiri, sampe udah bubar acara makannya T.T hix!

Setelah iris-mengiris, uleg-menguleg, akhirnya nyalain kompor... Numis bumbu2nya(sampe temen2 di kosan bersin2 semua :P), masukin bihun yang udah direbus, dikasih kecap, digoreng-goreng. Jadilah bihun gorengnya..
Tadinya cuma mau make bihunnya setengahnya aja, tapi pada prakteknya aq habisin aja sebungkus. Alhasil, makan malamku hari ini sepiring penuh bihun goreng (liat gambar). Taraaaa....

Kelihatan enak kan? Jelas duuunk...sapa dulu kokinya.. ^.^)v


Melihat penampilannya yang yammy itu, mbak kosku rupanya tertarik. Dia ikut makan bihun buatanku juga (padahal dia udah makan malam tuh tadi..). Meski kurang asin, dalam sekejap habislah tu bihun goreng. Seneng banget coz hari ini lumayan sukses, gak malpraktek kayak sebelum2nya. Hehehehe. Hampir sejam bikin... dalam hitungan menit dah abiz, yah itulah nikmatnya ;D


Anggap aja acara masakku hari ini happy ending. Cuma, yang mengganjal adalah, kok rasa bihun gorengnya mirip nasi goreng yaa??? Wakakakakak...


Keterangan:
bumbu2 bihunku tadi persis sama dengan bumbu nasgor, cuma dikasih tambahan merica duank.. :"P lagi-lagi malpraktek, jadi resepnya mending gak usah dikasih tau, hehehe


Link to this posting

What next?

You can also bookmark this post using your favorite bookmarking service:

Related Posts by Categories