Search this blog


Home About Contact
2009-12-16

Perubahan Blog Gak Cocok?  

Baru-baru ini saya nyoba modifikasi blog NOT-TO-SLEEP ini karena bosan dengan template yang lama. Saya ubah templatenya, layoutnya, dan yang parah saya ubah2 font-nya. Kira-kira hampir dua jam lebih saya maen2 dan pilih2 sampe saya rasa cocok di hati :).

Saya liatin ke adek kos saya, katanya bagusan template yang lama. Heh? Emang template yang baru aneh ya? Hahahaa... saya pikir mungkin ini masalah selera kali ya, jadi gak salah dong kalo dia bilang begitu. Eh, beberapa waktu kemudian ada yang komen, menyarankan saya ganti font. Saya jadi mengamati blog baru saya lagi, emang font "Courier New" gak cocok ya? Hmmm.. tapi gimana ya, saya suka font itu, lagi bosen ma Arial, Verdana, dan teman2nya. So, lagi-lagi saya pikir ini masalah selera fufufu... :D

Lalu abiz UTS, pada mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) atau sering dikenal sebagai Human Computer Interaction (HCI), saya mendapat ilmu baru tentang prinsip2 good interface dan desain layar, ternyata ada yang "luput" dari perhatian saya dalam masalah desain-mendesain blog/ web dan sejenisnya.


Dosen IMK saya hari itu ceritanya mengupas tuntas prinsip2 desain dalam 94 slide powerpoint. Di dalamnya dibahas masalah navigasi dan flow, pemilihan font (typography), dan elemen aplikasi screen. Saya baru sadar bahwa orientasi seorang designer aplikasi/ web bukanlah membuat aplikasi/ web untuk dirinya sendiri, tapi untuk user (orang lain). Jadi meskipun designer tidak sreg dengan keinginan user, dia gak boleh egois. Kan yang mau pake aplikasi/ webnya kan user... Ternyata oh ternyata... saya tergolong designer pemula yang egois.. :"p

Tapi ya... ini bukan berarti designer harus "nurut" apa maunya user. Alangkah baiknya antara keduanya ada diskusi dan musyawarah mufakat sehingga keduanya sama2 puas dan didapatkan desain terbaik.

Jadi, dengan rendah hati dan "agak malu" saya berterima kasih pada Verly dan Mas Nanda atas saran2 baiknya. Hehehe..

Salam Blogger!


Link to this posting

What next?

You can also bookmark this post using your favorite bookmarking service:

Related Posts by Categories



5 comments: to “ Perubahan Blog Gak Cocok?