Search this blog


Home About Contact
2009-11-24

Tips Gak Ngantuk Waktu Belajar  


Saia bukanlah seorang insomnia, saia paling gak bisa begadang kayak temen2 laen, saia tuh orangnya bosenan, kalo mulai bosen langsung deh tidur dalam hitungan detik. Makanya saia bikin blog Not-To-Sleep ini biar saia gak gampang tidur.

Dulu sih saia asik2 aja, ngapain begadang kalo gak begadang pun smw kerjaan/ tugas bisa selesai? Tapi sekarang, menginjak tahun terakhir kuliah, rasanya saia butuh extra time, tambahan waktu, rasanya waktu kuraaaaang bangetz... mulai banyak deadline, mulai banyak bikin prioritas, mulai sibuk (cielah...). Hwaaahh.... kayaknya tahun ini perlu bekerja dan berjuang lebih keras lagi >_<' huuuffftt

Saia akhirnya blog walking-walking dan menemukan beberapa tips yang menurut saia menarik untuk dicoba...


  1. Tidur siang. Sempatkan tidur siang walaupun cuma 1 jam saja. Jam tidur siang terbaik adalah setelah shalat Dhuhur dan sebelum Asar, karena dapat mengistirahatkan tubuh terutama syaraf disaat puncak stres tertinggi. Tidur siang ini berfungsi menggantikan waktu tidur yang hilang karna ibadah/ belajar di malam hari. Tidur siang ini juga merupakan sunnah Rasulullah Saw. dalam sabda beliau yang dinukilkan oleh Anas bin Malik ra:
    Qailulah-lah (istirahat sianglah) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat siang.
    (HR. Abu Nu’ain dalam Ath-Thibb, dikatakan oleh Al-Imam Al-Albani رحم الله dalam Ash-Shahihah no.1637 : isnadnya shahih).
    Dengan tidur siang, otak kita akan lebih fresh dan bersemangat di malam hari. Di Jepang, perusahaan-perusahaan bahkan sudah menerapkan jam tidur siang dan ruang khusus bagi karyawannya agar lebih produktif dalam bekerja.

  2. Niatkan untuk belajar. Fokuskan pikiran kamu mau ngerjain apa, bikin planning, dan bikin target. Misal, pengen ngerjain tugas mata kuliah ini, baca buku ini bab ini, nejermahin buku itu bab itu. Kalo ada target, kita punya tujuan dan gak akan tidur sebelum menyelesaikan target itu.

  3. Berdoa. Tujuannya biar cepet nyerap materi, gak gampang ketiduran, dan ilmu yang kita peroleh mendapat ridho dari-Nya. Masih inget kan doanya? Doa sebelum belajar:
    Robbi zidni ilmaa, warzuqnii fahmaa

    yang artinya: Ya Alloh, tambahkanlah ilmu pengetahuanku dan berilah aku kepahaman

  4. Self talk.Self talk merupakan salah satu cara untuk menimbulkan sugesti yang baik untuk diri kamu agar tetap berfikir positif. Program ini merupakan program pikiran bawah sadar yang dilakukan dengan cara self talk secara persisten. Self talk yang harus dilakukan adalah “Saya tidak akan tidur waktu bekerja” atau “Saya selalu terjaga dalam belajar!”. Coba kamu lakukan sesering mungkin dan se-intens mungkin sehingga pikiran tersebut benar-benar menjadi bagian dalam pikiran bawah sadar kamu. Bagian inilah yang nanti akan mengingatkan dengan keras saat kamu mulai merasa ngantuk. Sugesti ini juga yang akan “protes” apabila kamu mulai terlena dengan rasa kantuk.

  5. Minum kopi.Tidak disarankan karena ada efek kafein yang kurang baik bagi kesehatan, tapi kalo cuma sesekali boleh lah... :)

  6. Refreshing. Kalo mulai ngantuk, badan rasanya pegel-pegel duduk di meja belajar, mata juga udah panas liat komputer, sebaiknya kamu refreshing sebentar. Jalan-jalan keluar kamar, ngobrol ma tetangga, maen game, update status fb, atau senam ringan. Ada referensi senam ringan yang oke punya nih, silakan klik di sini

  7. Setel musik favorit. Tips ini bisa dilakukan untuk mata kuliah yang sifatnya gak pake konsentrasi penuh. Belajar jadi asyik, kamu bisa enjoy dan rileks.

  8. Cuci muka atau berwudhu. Cara efektif buat ngusir syetan males + gampang ngantuk. Muka dan badan yang segar bisa membangkitkan kembali semangat belajar kita. Meskipun, efeknya tidak bertahan lama.

  9. Sikat gigi. Sikat gigi juga bisa bikin kita fresh kembali, coz katanya sih banyak syaraf di otak yang terkoneksi dengan gigi kita (Inget kan rasanya kalo lagi sakit gigi...). Gak ada salahnya juga kan, toh untungnya gigi kita malah jadi tambah bersih.... hehehehe

  10. Mandi. Heheeee... ini versi komplitnya tips no. 8 dan 9. Mandilah pake air dingin plus sabun yang paling wangi. Cuma mandinya jangan tengah malam, ntar bisa-bisa malah masuk angin -__-a. Sebaiknya mandi dilakukan sebelum kita mulai belajar. Bandingkan jika kita gak mandi, badan lengket semua, pasti jadi males deh.

  11. Banyak minum air putih. Sediakan seteko air putih di meja belajar. Minumlah secara periodik di sela-sela kegiatan belajar. Dehidrasi ringan itu awal hilangnya konsentrasi dan ujung-ujungnya kita bakalan jadi ngantuk.

  12. Variasikan cara dan tempat belajar. Biar gak ngantuk, bikin variasi belajarmu! Misal, belajar sambil jalan-jalan, sambil ngrangkum, sambil tiduran (tidak dianjurkan lho ya), sambil ngemil, sambil nggambar, sambil nonton TV, sambil nyuci, sambil nyetrika, sambil gosok kamar mandi, yang paling ekstrim tapi katanya manjur, sambil boker hihihi. Tempatnya juga macam-macam, bisa di kamar sendiri, di meja makan, di loteng, di teras, di kamar temen, di perpus, tapi hindari belajar di atas kasur... :D Boleh juga kamu bawa satu buku ke mana-mana, sapa tau ada waktu senggang yang bisa dimanfaatkan, contohnya waktu di bus kota, atau waktu nunggu temen/ pacar di toilet.

  13. Motivasi dan komitmen. Ini tips terampuh yang bisa diterapkan. Kalo kamu punya motivasi dan komitmen yang tinggi tentang alasan mengapa kamu harus belajar giat, kamu bahkan gak membutuhkan tips-tips di atas. Motivasi apapun yang positif, motivasi yang makro(jangka panjang)maupun yang mikro (jangka pendek), entah pingin ibadah cari ilmu, membahagiakan ortu, menarik perhatian cewek inceran, saingan sama musuh, membuktikan diri ke dosen, meneguhkan eksistensi (gak dianggep ada karena prestasi pas2an^^) dan banyak lagi motivasi lainnya. Temukanlah satu, pasang di dinding kamarmu.


Itulah tips-tips hasil walking-walking, mari kita terapkan bersama-sama (^,^)v

Read More
2009-11-18

Kesuksesan Kecil yang Menyenangkan  

STIS Jakarta R 2403, 18.11.2009. Dear not-to-sleep readers, setelah kemarin postinganq yang isinya kegagalan, curhat sambil nangis-nangis, sekarang q mau curhat tentang kesuksesan kecilq sambil senyum2 bahagia. Mungkin sebenarnya ini biasa aja, tapi buat q ni hebat. Mau tahu apa?
Ceritanya...hari ini (alhamdulillah) q sukses presentasi tanpa suaraq yg ngerock. Hari ini aq nyoba ngomong pake suara biasa, (biasanya q agak teriak gitu) ternyata q jadi agak lebih rileks. Ternyata bisa didengar sekelas tanpa harus teriak. Cuma groginya belom ilang, hehehehe, yg tadinya q mau cerita banyak, akhire cuma bisa bacain slide thok. Pas grogi mulai ilang, sayangnya bagianq presentasi udah habis. :(

Tapi untung ada sesi tanya jawab. Q seneng bgt bs ngejawab beberapa pertanyaan. Meski masih grogi, apa yang ada di pikiranq tersampaikan, dan itu menyenangkan!
Q ketagihan pengen nyobain presentasi lagi... lagi dan lagi... Itung2 belajar buat seminar dan sidang skripsi tahun dpan. Yosh, saya pasti bisa! (mulai pede)

Tips buat temen2 yg kalo presentasi/ ngomong di depan umum suaranya suka nge-rock and roll (bergetar abiz karna grogi), kuncinya hanya perlu pake suaramu yg biasanya waktu ngomomng ma temen, dan santai aja.... Banyakin senyum... Pasti kamu bisa rileks... Kalo ada kesempatan ngomong, gak usah ragu2, ambil aja buat belajar. Selamat mencoba ya, yuk belajar bareng2... ^___^v

Read More
2009-11-15

Kegagalan  


RATIH:

Kegagalan merupakan pengalaman pahit. Jadikan kegagalan sebagai cambuk menuju sukses besar.-


Pesan itu datang dari ayahanda tercinta ketika beliau mengetahui hasil IP tingkat 3 q yang "terjun payung". Pesan itu kini tertempel di dinding kamar kosku di sebelah cermin. Tiap membacanya hati q teriris-iris, tahun ini q telah gagal, dan yang paling membuatq sedih hal ini membuat kedua orang tuaq kecewa.

Hari penerimaan IP tahun itu adalah hari terburuk. Q ketakutan setengah mati ketika dosen mengumumkan ada satu orang yang tinggal kelas. Q panik ketika giliranq tiba saat pengambilan transkrip itu. Q rasanya ingin cepat lari pulang ke kosan dan mngunci pintu hanya untuk melihat keterangan dalam transkrip itu. Bahkan q mulai memikirkan kemungkinan terburuk, apa yang akan kulakukan kalau q mengulang setahun ini. Benar-benar parah! Tapi dalam hati ada harapan optimisme kalau itu tidak akan terjadi. Semua akan baik-baik saja. Q naik ke tingkat 4, dan akan segera sibuk mencari topik tugas akhir. Kemudian tahun depan q wisuda. Wah, wah, wah, benar-benar perang batin dan q takut!

Tapi rasa penasaran mengalahkan segalanya, tanpa harus lari pulang dan mengunci pintu, q beranikan diri mengintip lembaran transkrip itu, dan, dan,
dan ternyata.......

Alhamdulillah bahwa 1 orang yang mengulang itu BUKAN aq!!!
Meski dengan IP yang turuuuuuun drastis, hari itu q bersyukur.

Malamnya, sesampai di kosan, aq memelototi nilai-nilaiku dan rasa kecewa mulai mendera kembali. Apalagi ketika q bandingkan antara IP-IP di tingkat 1 dan 2, sangat kelihatan betapa jeleknya nilai-nilaiq kali ini. Q tahu bahwa q harus melaporkan hasil IP q itu kepada bapak ibu di rumah. Apa yang harus kukatakan pada mereka??

Berpikir dan berpikir, q merasa apapun hasilnya orang tuaq harus tahu. Mereka orang-orang terdekatq, bagaimana mungkin q bisa merahasiakan ini atau bahkan berbohong yang bukan seharusnya? Dan q putuskan untuk mengatakannya malam itu juga.

Reaksi mereka?
Bapak yang q pikir akan marah, justru dengan sabar menasihatiq agar jangan sampai terulang lagi.
Ibu yang q kira akan sabar, terdengar sangat kecewa. Meskipun beliau tidak mengatakannya dengan jelas, tapi q menyadarinya.
Dan aq? Mataq berkaca-kaca, q sangat kecewa dengan diriq sendiri... Betapa lalainya aq pada kepercayaan yang telah mereka berikan. Menyedihkan.

Sekarang, setelah sekitar 3 bulan berlalu sejak saat itu, q sejujurnya masih kecewa, kalau bisa waktu diputar kembali, q ingin mengulang setahun ini dan memperbaiki semuanya.

PS: Lakukan yang terbaik, jika tidak untuk diri sendiri, lakukan itu untuk kedua orang tuamu...

Jakarta yang kelabu,

patah hati karena ulah sendiri

Read More